Contoh Pecakapan Konseling Pendekatan Eklektik


Konseling Pendekatan Eklektik



Pendekatan Eklektik

Pendekatan Ekletik adalah terminologi dalam konseling dan psikoterapi yang memilih teori yang baik atau berguna dari macam-macam teori, metode dan pengalaman praktik. Untuk dipergunakan besama-sama dalam menghadapi klien.

Pendekatan Ekletik tidak hanya meliputi dua pendekatan yang sering dipakai dalam konseling yaitu langsung dan tidak langsung. Namun lebih luas dari itu : yakni pendekatan lain dalam bidang psikoterapi seperti : psikoanalisis dengan behavioristik, atau terapi kognitif.


Konselor : Fatimah

Klien : Mawar

Permasalahan : Mengalami Gangguan Tidur

Terapi : Psikodinamik dan Behavior




Tok… Tok… Tok…

Konselor : Ya, silah kan masuk

Klien : Permisi mba

Konselor : Iya silahkan duduk

Klien : Terima kasih (tersenyum)

Konselor : Sebelumnya kita kenalan dulu ya, perkenalkan nama saya fatimah (mengulurkan tangan)

Klien : Saya mawar (berjabatan tangan)

Konselor : Oh mba cindy mayang, jadi saya manggilnya apa nih? Mba mawar, mawar aja atau apa?

Klien : Mawar aja juga boleh ko mba

Konselor : Mawar aja yaaa, biar keliatan sepantaran

Klien : Hehe iya

Konselor : Santai aja mawar, jangan tegang saya ga bakalan gigit kamu ko

Klien : Ah iya mba

Konselor : Oh iya gimana tadi perjalanan kesini?

Klien : Tadi sih perjalanannya lumayan lancar

Konselor : Hemm lancar ya, mawar kesini sendirian atau ditemenin?

Klien : Saya kesini sendiri mba

Konselor : Oh gitu, ok kita mulai aja kali ya, tapi sebelumnya saya mau minta ijin dulu nih sama cindy, kalau kegiatan konseling kita akan saya rekam tapi cindy tenang aja semua data hanya saya yang tau, kira-kiramawar mengijinkan?

Klien : Oh iya silahkan aja mba

Konselor : Baiklah kalau gitu, sebelumnya mawar udah pernah konseling?

Klien : Belum

Konselor : Berarti ini pertama kalinya ya, tapi mawar tau konseling itu apa? Mungkin pernah denger denger gitu.

Klien : Ehmmm kaya nyelesain masalah gitu bukan ya mba?

Konselor : Bisa juga di katakana seperti itu, saya perjelas ya jadi konseling itu proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang konselor/psikolog kepada individu yang perlu mendapatkan pertolongan yang bertujuan agar masalah dapat teratasi. Jadi gimana nih apa yang mau mawar share sama saya?

Klien : Jadi gini mba saya ini sulit tidur, sekalinya bisa tidur hanya beberapa jam aja

Konselor : Memangnya mawar sehari hanya berapa jam tidurnya?

Klien : Palingan cuma 2 atau 3 jam doang mba

Konselor : Udah berapa lama seperti itu?

Klien : Ehm ya kira-kira udah 8 bulan belakangan ini mba

Konselor : Lumayan lama juga ya, saya mau tanya cindy punya penyakit yang serius ga?

Klien : Penyakit? Engga ko mba

Konselor : Engga ya, mawar suka konsumsi yang ada kafeinnya ga? Kaya kopi gitu?

Klien : Engga, malah saya ga suka kopi sama sekali

Konselor : Mawar sering tidur siang atau sore ga?

Klien : Engga mba, saya kan kuliah dari pagi sampai sore ya walau pun pas di kampus suka ngerasa ngantuk banget tapi gimana, mau tidur ga bisa kan lagi di kampus

Konselor : Biasanya paling cepet tidur jam berapa?

Klien : Paling cepet palingan jam 2 pagi dan itu cuma sebentar doang

Konselor : Ehmm, paling lama cindy bisa ga tidur berapa hari atau minggu mungkin?

Klien : Berapa ya? Sehari semalem mba

Konselor : Waahh, gimana itu rasanya?

Klien : Rasanya yaaa palingan pusing mba, kadang juga sayanya jadi sensitivan gitu

Konselor : Ohh terus tadi malem tidur jam berapa?

Klien : Tadi malem tidur sekitar jam 2an, terus bangunnya jam 5

Konselor : Sekarang mawar ngerasa ngantuk ga?

Klien : Iya hehe

Konselor : Berarti kalau siang ngantuk ya, terus kalau malem engga ga ngatuk?

Klien : Iya karna malemnya kurang tidur jadi siangnya ngerasa ngantuk

Konselor : Ehmm oke, sebenernya apa sih yang buat cindy susah tidur? Ada hal yang dipikirin kah? Atau mungkin hal yang lain?

Klien : Emmm sebenernya sih mba, saya ini sulit tidur karna ada hal yang buat saya takut, saya takut mimpi buruk karna hampir setiap hari saya mimpi buruk

Konselor : Jadi mawar cemas karna nantinya akan mimpi buruk?

Klien : Iya, jadi saya harus gimana ya mba? Sedangkan saya ngerasa kalau ga tidur itu badan saya ngerasa capek banget tapi kalau saya tidur, saya takut mimpi yang aneh padahal saya juga udah banyakin aktivitas biar nantinya bisa tidur tapi tetep aja ga bisa tidur

Konselor : Mimpi buruknya kaya gimana emangnya?

Klien : Aneh pokoknya, kadang saya kaya lagi di kejar-kejar, kadang saya mimpi saya meninggal, kadang saya mimpi setan gitu mba

Konselor : Mimpinya setiap hari seperti itu?

Klien : Ehmmm engga juga sih

Konselor : Kalau gitu dari 1 sampai 5 seberapa sering mimpi buruknya?

Klien : Tiga mba

Konselor : Oke, mawar waktu mau tidur suka mikin sesuatu ga?

Klien : Ehmmm palingan saya mikirin hal-hal yang udah saya lewatin sih mba kaya misalkan saya tadi ngapain aja di kampus, terus kalau ada hal buruk yang saya alamin kadang saya juga mikirin hari besoknya saya ga boleh ngalamin hal yang buruk itu kejadian lagi.

Konselor : Itu setiap hari mawar lakuin?

Klien : Iya

Konselor : Oke, coba sekarang mawar relax, lalu tarik nafasnya tahan sebentar dan buang secara perlahan (di lakukan 3x)

Klien : (Mengukuti Instruksi Konselor)

Konselor : Coba mawar bayangin hal-hal buruk yang pernah terjadi, sudah?

Klien : I i i iyaa sudah (terbatah-batah)

Konselor : Dan sekarang coba mawar bayangin hal-hal baik yang pernah terjadi, sudah?

Klien : iya sudah

Konselor : Oke, mawar coba lihat ke sisi tentang pengalaman yang buruk dan setelah itu coba lihat ke sisi pengalaman yang baik, mawar yang namanya kehidupan pasti ada sisi baik dan ada sisi buruknya dan kita tidak bisa mengelak atau pun menghindar dan langkah terbaik adalah sebaiknya pengalaman yang buruk itu kita jadi kan sebagai pembelajaran untuk kedepannya.

Klien : Iya mba

Konselor : Oke kalau begitu saya mau kasih tugas nih untuk mawar?

Klien : Tugas apa ya mba?

Konselor : Gampang kok, pokoknya mawar harus mencatat semua hal yang udah mawar lakuin dari bagun tidur sampai menjelang tidur, dan itu harus detail kaya ada jamnya keterangannya, bisa ya?

Klien : Iya bisa mba

Konselor : Saya yakin kamu pasti bisa (Tersenyum)

Klien : Hehe makasih (Tersenyum)

Konselor : Oke saya rasa pertemuan kita hari ini cukup sampai disini dulu, ada hal yang mau mawar tanyain?

Klien : Ehm saya rasa engga ada mba

Konselor : Baik kalau begitu kita akhiri pertemuan kita dan sampai bertemu tiga hari kedepan ya, Terima kasih, hati-hati di jalan (Berjabat tangan)

Klien : Iya sama-sama (Berjabat tangan lalu pergi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Tes CPM (Colours Proggresive Matrices)

Makalah Psikologi Kesehatan (Psikologi Umum 2)

Makalah Kematian, Menjelang Ajal, dan Berduka (Psikologi Perkembangan 2)